Header Ads

MENGENAL ROBOT BERKAKI (HEXAPOD)

Pengertian,Jenis dan Fungsi Robot Berkaki




A. Pengertian Robot Berkaki

Robot adalah merupakan alat mekanik yang dbisa melakukan tugas-tugas fisik, baik menggunakan pengawasan maupun kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu pada robot. Robot memiliki beberapa jenis. Ada yang beroda, terbang, nyelam dana berkaki. Nah! kali ini penulis akan membahas mengenai robot berkaki.

 

Robot Berkaki, mugkin diantara pembaca sekalian pernah mendengar kata ini. Yap! robot ini merupakan jenis robot yang tergolong cukup rumit untuk membuatnya. Robot ini membutuhkan sebuah program yang cukup sulit untuk menggerakkan kaki-kaki pada robot. Untuk penggerak kakinya membutuhkan servo sebagai penggerak utamanya.

 

Robot Berkaki adalah alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik. Menggunakan sistem control sebagai pengontrolnya maupun menggunakan program yang sudah didefinisikan dengan menggunakan kaki sebagai penggerak utamanya. Jadi menurut saya definisi robot berkaki seperti itu. Di era yang modern ini, Dunia robot mulai berkembang pesat. Mulai dari robot berkaki, beroda, humanoid bahkan ada yang berupa robot yang bisa menyelam dibawah air.

 

B. Fungsi Robot Berkaki

Mungkin untuk para pemula saya sarankan untuk mempelajari robot beroda terlebih dahulu, karena basic untuk belajar robtic asalnya dari beroda dulu. Untuk mengenal dari awal apa aja yang digunakan sebagai sistem control pada robot. Nah! berikut ini merupakan Fungsi dari robot itu sendiri. Yuk lanjut...

 

Robot memiliki berbagai macam fungsi. Tergantung tujuan pembuatan itu sendiri. Namun secara umum Robot digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Untuk mempermudah pemahaman kita berikut ini merupakan fungsi dari Robot itu sendiri :

  • Dalam dunia industri. fungsi robot berkaki bisa digunakan untuk meningkatkan produktifitas produksi.
  • Robot berkaki bisa digunakan sebagai pemindah suatu barang dari satu tempat ke tempat yang lain
  • Dalam dunia Pendidikana atau edukasi, Robot berkaki bisa digunakan untuk pengembangan pembelajaran dalam dunia robotic
  • Robot berkaki bisa digunakan sebagai interaksi terhadap manusia, atau bisa digunakan sebagai media komunikasi.
  • Bisa juga sebagai ajang perlombaan dalam bidang robotic maupun hiburan.

C. Jenis-Jenis Robot Berkaki

Nah disini terdapat beberapa jenis robot berkaki. ada yang memiliki 2 kaki, 4 kaki, bahkan ada yang memiliki 8 kaki. Makin banyak jumlah kaki yang terdapat pada robot maka semakin rumit pula program yang diciptakan. Berikut ini merupakan jenis-jenis Robot berkaki.

 

1. Robot Berkaki 2

Robot ini merupakan robot paling populer di dunia pengembangan robot, bagai mana tidak?. Perusahaan Otomotif seperti Honda juga turut ikut serta dalam pengembangan serta pembuatan robot ini. Robot ini bisa digunakan sebagai media interaksi terhadap manusia. Biasa dikalangan masyarakat luas Robot ini disebut dengan "Humanoid". Untuk lebih jelas contoh robot humanoid, kalian bisa lihat gambar dibawah ini.


Robot Humanoid

Dalam kontes Robotic, Robot ini sering digunakan sebagai robot pegulat atau robot soccer. Namun dalam kategorinya ada 3 tipe kelas yaitu kelas Small (kecil), Medium (untuk ukuran sedang) dan ukuran big (ukuran besar).

 

 2. Robot Berkaki 4
Robot ini merupakan robot dasar untuk robot yang berbentuk serangga, Yap! Robot ini persis sekali bentuknya dengan serangga.  walupun basic dalam golongan robot berkaki, Robot ini merupakan pengembangan dari robot berkaki 8 dan 6. Untuk leih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



3. Robot Berkaki 6
Robot ini merupakan hasil pengembangan dari robot berkaki 4, Bagai mana tidak? Robot berkaki 4 merupakan basic dari robot berkaki seterusnya (kaki 6 dan kaiki 8). Jadi kalo kalian ingin mempelajari robot berkaki. Penulis saranin untuk mempelajari dulu robot berkaki 4 terlebih dahulu



4. Robot Berkaki 8

Yap! ini dia robot yang dikategorikan sulit dalam segi mekanik, Program dan pembuatan. Semakin banyak nya kaki dalam robot. maka semakin sulit pula dalam merangcang sistem mekanik pada robot serta programnya. Nah robot ini biasanya digunakan pada kontes robot internasional. Robot ini digunakan dalam kategori lomba pemadaman api berkaki. robot ini harus berjalan menelusuru labirin sambil mencari titik api yang terdapat pada labirin. kalian bisa lihat robot berkaki 8 pada gambar dibawah ini.



Untuk mendukung kinerja robot tersebut dalam berjalan, maka dibutuhkan sensor ultrasonic atau biasa penulis menyebunya sensor Pink. dan untuk mendeteksi titik api dibutuhkan sebsor panas. Baik mungkin cukup sekian materi artikel tentang robot berkaki.


Oke sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat dan kita semua dapat mengenal lebih jauh lagi mengenai jenis-jenis robot dan sampai pada sistem pengembangannya. Terimakasih

Salam JHO TECHNO

No comments

Powered by Blogger.